Senin 11 Mar 2013 22:37 WIB

Produksi Kayu RI Bukan dari Hutan Alam

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Dewi Mardiani
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.
Foto: Antara/Maril Gafur
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka produksi kayu di Indonesia mencapai 40 kubik setiap tahun. Dari jumlah tersebut sebanyak 80 persen produksi dilakukan bukan di hutan alam, melainkan hutan tanaman.

"Meski produksi kita tinggi, tapi tidak merusak hutan alam," ujar Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, di Jakarta International Expo, Senin (11/3).

Industri mebel dan kerajinan dengan bahan baku utama kayu dan rotan merupakan salah satu pendukung kegiatan ekspor. Dalam peta perdagangan Indonesia, industri ini juga salah satu penghasil devisa tertinggi.

Produk mebel dan kerajinan Indonesia mampu bersaing dari segi harga dan kualitas bahan baku. Rancangannya pun didesain artistik sehingga bernilai seni tinggi.

Terkait dengan perubahan iklim, maka pemerintah sepakat untuk turut serta melindungi kayu hutan alam. Komitmen ini diwujudkan dengan penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang mulai diterapkan sejak Maret 2013. "Yang disertifikasi itu kayunya, legal atau enggak," ujar Menhut.

Kepemilikan SVLK sangat penting agar produk Indonesia bisa memasuki pasar internasional. Pengacuhan terhadap SVLK bisa berbuah penolakan dari negara lain. Pemerintah pun mengimbau pelaku usaha untuk segera mengurus SVLK. Selama ini banyak pelaku yang enggan melakukan pengurusan SVLK dengan alasan biaya yang tidak murah.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.

(QS. Al-Baqarah ayat 222)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement