Sabtu 16 Mar 2013 18:43 WIB

Bandung Dikurung Banjir

Rep: Lingga Permesti/ Red: Karta Raharja Ucu
Hujan Deras, Ilustrai
Foto: Antara
Hujan Deras, Ilustrai

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sejumlah wilayah di Kota Bandung, Jawa Barat, dikepung banjir, Sabtu (16/3) lantaran hujan besar yang mengguyur sejak pukul 16.00 WIB.

Di daerah Cikutra Barat misalnya, air meluap ke badan jalan. Menurut warga Cikutra Barat, Uni Dina, banjir seperti ini sudah sering terjadi. Apalagi, ditunjang dengan drainase tak terawat dengan baik. Belum ada itikad dari pemerintah untuk memperlebar dan memperdalam drainase.

"Pasti meluap seperti ini, tapi beberapa kendaraan tetap memaksa melanjutkan perjalanan," kata Uni Dina yang membuka warung nasi Padang di Jalan Cikutra Barat.

Pantauan ROL, sebagian pengendara bermotor berteduh di pinggir jalan dan tidak melanjutkan perjalanan. Hidayat, salah satu pengandara, mengaku takut jika kendaraannya mogok di tengah banjir.

Akibat air yang menggenang, Jalan Cikutra Barat seringkali rusak dan berlubang. Andi Ahmad, salah satu pemilik bengkel di sekitar jalan geram dengan banyaknya jalan yang berlubang.

"Kita sering lihat pengguna jalan terjatuh dari motor karena jalan yang amat rusak akibat banjir," ujar Andi mengungkapkan.

Jalan Pahlawan juga tampak digenangi air. Sampah-sampah menumpuk di sisi jalan, sebagian lagi terseret arus air. Abarwati, salah satu warga menuturkan saluran pembuangan air memang sangat kecil, sehingga tak mampu debit air hujan yang besar seperti ini.

"Nanti di dekat Makam Pahlawan ini pasti tergenang, airnya dari atas," ujarnya sambil menunjuk wilayah Cigadung Raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement