Senin 18 Mar 2013 03:09 WIB

Minat Kerja di Rusia? Ini Syaratnya

Red: Endah Hapsari
Bendera Rusia
Foto: forbes.com
Bendera Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW---Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia mewajibkan pengetahuan dasar Bahasa Rusia bagi para pekerja migran yang ingin mengadu nasib di negara itu.

Berdasarkan rancangan instruksi yang dirilis di laman resmi Kementerian, para pekerja migran diharuskan mampu membaca teks dan mengerti beberapa arti kata dasar serta subyek.

Mereka juga diwajibkan untuk mengerti dialog sehari hari dan tema sosial serta bisa berdialog dengan frasa yang logis. Perbendaharaan kata dalam Bahasa Rusia yang diwajibkan adalah 850 kata.

Selain itu kementerian juga merilis rancangan dokumen lain terkait organisasi yang berhak untuk melaksanakan tes kompetensi bahasa itu. Diatur pula bagaimana tes tersebut akan dilakukan dan kriteria pemilihan institusi pendidikan tinggi yang akan melaksanakan uji coba pengetahuan bahasa itu.

Institusi yang akan menyelenggarakan tes itu harus memiliki pusat tes dengan pengalaman minimum 10 tahun. Pimpinan dari institusi tersebut nantinya akan menyimpan database elektronik dari para pekerja migran yang lolos tes bahasa dan menyerahkannya kepada Dinas Migrasi Federal Rusia.

Undang-undang yang mewajibkan pengetahuan bahasa tingkat dasar bagi pekerja migran Rusia itu diberlakukan sejak 1 Desember 2012 dan ditujukan bagi pekerja sektor perumahan dan utilitas, perdagangan serta jasa harian.

Aturan itu mengharuskan orang asing yang ingin bekerja di sektor itu membuktikan pengetahuannya dasarnya atas Bahasa Rusia. Buruh migran harus menyerahkan sertifikat penguasaan Bahasa Rusia minimal tingkat dasar jika mereka ingin bekerja atau memperpanang izin kerjanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement