REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menggandeng kelompok masyarakat pecinta kegiatan bersepeda, yakni anggota komunitas Bike to Work. Kerjasama tersebut untuk pengembangan bisnis kartu BNI.
Dalam keterangan tertulis, Senin (25/3), BNI dan komunitas Bike to Work bekerjasama selama tiga tahun untuk penerbitan Kartu Kredit Affinity BNI-Bike to Work. Produk ini diharapkan dapat memaksimalkan aktivitas Green Banking yang tengah diusung BNI serta menumbuhkan bisnis kartu BNI di satu sisi.
Salah satu manfaat yang diperoleh komunitas Bike to Work adalah meningkatnya jumlah donasi kepada Bike to Work yang berasal dari transaksi para pengguna kartu co-branding BNI dan Bike to Work. Donasi itu akan digunakan untuk pembelian sepeda bagi siswa Sekolah Dasar (SD) yang kurang mampu.
Varian kartu yang diterbitkan dalam rangka kerja sama ini adalah Kartu Kredit Affinity BNI-Bike to Work dengan dua versi, yaitu Emas dan Platinum, sesuai dengan voice of customer yang terhimpun oleh BNI selama ini.
Dengan adanya kartu co-branding ini, BNI memiliki satu lagi tambahan strategi untuk melakukan penetrasi pasar dalam hal card in force dan sales volume. Co-branding ini juga akan menjadi traffic builder atau pembuka jalan bagi penetrasi produk BNI lainnya seperti Taplus dan Taplus Muda.
BNI juga memperoleh manfaat dalam penguatan Corporate Branding sebagai Green Bank karena dapat membina hubungan baik dengan Bike to Work, salah satu nasabah potensial yang mempunyai visi, misi, serta aktivitas yang terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan hidup.
Minat masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan bersepeda menumbuhkan kepercayaan BNI dalam mendongkrak bisnis kartunya, sehingga diperkirakan akan ada 3.000 Kartu Kredit BNI Affinity-Bike to Work dalam tiga tahun ke depan. Kartu-kartu itu diharapkan dapat menciptakan transaksi sekitar Rp 13,5 miliar.