Selasa 26 Mar 2013 03:53 WIB

Harry Azhar Azis: Peluang Agus Terpilih 70-30

Red: Djibril Muhammad
Harry Azhar Azis
Foto: Republika
Harry Azhar Azis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar Harry Azhar Azis mengatakan peluang Agus Martowardojo untuk terpilih adalah 70-30, namun bukan berarti mantan Direktur Bank Mandiri itu akan langsung terpilih dalam rapat internal Komisi XI pada Selasa (26/3).

"Saya kira dengan fit and proper ini semakin besar untuk bisa terpilih. Setelah presentasi ini tetap ada dua kemungkinan aklamasi atau voting. Kalau aklamasi ada beberapa catatan yang mesti jadi pertimbangan," ujar dia, di Jakarta, Senin (25/3).

Dalam uji kepatutan dan kelayakan tersebut, calon tunggal Gubernur BI Agus Martowardojo memaparkan makalah berjudul 'Penyelarasan dan Penguatan Bank Indonesia Menuju Bank Sentral yang Kredibel dan Terpercaya untuk Mendukung Pembangunan Masyarakat Indonesia yang Berkesinambungan.'

Delapan hal yang ditawarkan Agus Martowardojo apabila terpilih sebagai Gubernur BI, antara lain memperkuat kerangka kebijakan moneter, mendorong stabilitas sistem keuangan, dan memperkuat peran BI sebagai otoritas sistem pembayaran.