Ahad 31 Mar 2013 22:00 WIB

Tanggap Darurat Longsor Cililin Dihentikan

Red: Yudha Manggala P Putra
Longsor menimpa puluhan rumah warga dan menewaskan setidaknya 17 orang di desa Muka Payung kampung Lembang kecamatan Cililin kabupaten Bandung Barat, Senin (25/3).   (Republika/Arief Maulana Hasan)
Longsor menimpa puluhan rumah warga dan menewaskan setidaknya 17 orang di desa Muka Payung kampung Lembang kecamatan Cililin kabupaten Bandung Barat, Senin (25/3). (Republika/Arief Maulana Hasan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan status tanggap darurat dalam penanganan bencana tanah longsor di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, telah dihentikan.

"Masa tanggap darurat longsor di Nagrog, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, yang ditetapkan selama tujuh hari berakhir hari ini," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Ahad (31/3).

Penghentian masa tanggap darurat itu, menurut dia, ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah bersama antara keluarga korban dan para tokoh masyarakat yang dilakukan pada Sabtu malam (30/3), sehingga proses pencarian korban longsor yang masih tertimbun pun akan dihentikan.

"Hingga hari ketujuh ini, korban meninggal yang ditemukan berjumlah 14 orang, sedangkan tiga korban lainnya yaitu Imas 50 tahun, Jesika empat bulan, dan Ecep 20 tahun masih belum ditemukan," papar Sutopo.