Rabu 03 Apr 2013 10:14 WIB

LPSK Diminta Lindungi Saksi Cebongan

Red: Mansyur Faqih
Politisi PKS Aboe Bakar Alhabsy (kiri) bersama dengan poltisi senior Partai Golkar Akbar Tandjung
Foto: Antara
Politisi PKS Aboe Bakar Alhabsy (kiri) bersama dengan poltisi senior Partai Golkar Akbar Tandjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- LPSK diminta segera memberikan perlindungan kepada 31 narapidana yang menjadi saksi kasus Cebongan yang sudah mengajukan permohonan. Karena Para saksi itu memiliki peran strategis dalam upaya pengungkapan penyerangan lapas Cebongan. 

"Besarnya perkara ini membuat keberadaan mereka terancam keamanannya. Apalagi terdapat indikasi pelaku penyerangan adalah kelompok profesional dan terorganisir," kata Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Alhabsy, Rabu (3/4).

Pada kasus ini, lanjutnya, LPSK punya dua tugas utama. Pertama memberikan jaminan keamanan kepada 31 saksi. Mereka perlu mendapat jaminan atas keselamatan jiwanya. Kedua menjaga agar para saksi ini tidak mendapatkan intimidasi atau doktrinasi tertentu. Sehingga mereka bisa memberikan kesaksian sebenarnya sebagaimana yang terjadi di lapangan. 

"Perlindungan LPSK menjadi kebutuhan yang mendesak dan mendasar untuk 31 napi yang menjadi saksi penyerangan lapas Cebongan," papar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement