Sabtu 06 Apr 2013 14:31 WIB

Gempa Papua Sudah Dilaporkan kepada Presiden

Gempa - ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala BNPB Syamsul Maarif telah melaporkan gempa 7,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang Tolikara, Papua, Sabtu (6/4), pukul 11:42 WIB kepada Presiden dan Wakil Presiden.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, berdasarkan analisis peta guncangan gempa (shakemap), guncangan gempa dirasakan dengan skala kuat di Tolikara, skala sedang di Mulia, dan skala ringan di Tanah Merah, Sentani, Wamena, Jayapura, dan Sarmi.

"Di daerah Tolikara dan sekitarnya memang bahaya gempa bumi tinggi. Kejadian gempa pernah terjadi di sekitar tempat tersebut, yaitu pada 1926 dengan kekuatan 7,9 SR dan pada 1971 dengan kekuatan 8,1 SR," ungkapnya di Jakarta, Sabtu sore.

Sebelumnya, telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,2 SR di Papua pada Sabtu (6/4) pada pukul 11:42 WIB. Pusat gempa itu berada di 3,20 derajat lintang selatan dan 138,75 derajat bujur timur.

Sementara itu, lokasi gempa tersebut berada 56 kilometer timur-laut dari Kabupaten Tolikara, Papua atau 92 kilometer timur-laut dari Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Sejauh ini, BNPB dan BMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement