Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Yayuk Basuki Prihatin dengan Perkembangan Olahraga Nasional

Ahad 14 Apr 2013 15:06 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Yayuk Basuki

Yayuk Basuki

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Mantan bintang tenis putri Indonesia Yayuk Basuki merasa prihatin dengan perkembangan olahraga di Indonesia saat ini.

"Terus terang saya merasa prihatin dengan perkembangan olahraga nasional saat ini, karena untuk 'berbicara' di tingkat Asia Tenggara saja kita merasa kesulitan, apalagi di tingkat yang lebih tinggi," kata Yayuk Basuki di Semarang, Ahad (14/4).

Menurut dia, dulu olahraga Indonesia sangat disegani di tingkat Asia Tenggara, bahkan tingkatan yang lebih tinggi lagi. Bahkan negara-negara Asia Tenggara belajar kepada Indonesia.

Tetapi, kata Yayuk yang pernah menempati peringkat 19 dunia pada 1997 itu, sekarang ini mereka justru meninggalkan Indonesia.

"Makanya saya sebagai mantan olahragawan memiliki kewajiban untuk kembali memajukan olahraga di Indonesia," kata Yayuk yang akan maju sebagai calon anggota legislatif melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketika ditanya kunci untuk memajukan kembali olahraga Indonesia, menurut Yayuk yang juga empat kali meraih medali emas SEA Games (1986, 1990, 1994, dan 1998) tersebut, kuncinya adalah peran dari orangtua.

Menurut Yayuk yang pernah masuk delapan besar Olimpiade 1992 Barcelona tersebut, dirinya masih merasa yakin bahwa melalui olahraga bisa memberikan jaminan masa depan kepada atlet yang bersangkutan.

"Sebagai atlet kita masih bisa memiliki kesempatan untuk menuntut ilmu setinggi mungkin yang bisa dijadikan bekal jika sudah tidak menjadi atlet," kata mantan petenis kelahiran Yogyakarta 30 November 1970 tersebut.

Yayuk Basuki resmi pensiun sebagai atlet profesional pada 1999 meskipun masih sempat membela Indonesia dalam berbagai event internasional seperti Olimpiade 2000 dan kini tetap menekuni dunia yang telah membesarkan namanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile