Selasa 16 Apr 2013 20:11 WIB

Berinvestasi Emas? Sekaranglah Waktunya

Rep: Alicia Saqina/ Red: Dewi Mardiani
Perhiasan emas
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Perhiasan emas

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Harga emas tengah mengalami penurunan dalam beberapa saat terakhir ini. Turunnya nilai rupiah emas per gramnya pun lumayan besar. Dalam jangka waktu sekitar satu pekan ini, turunnya emas per satu gram mencapai Rp 50 ribu - Rp 60 ribu.

Oleh karena itu, bagi konsumen yang hendak membeli atau bahkan berbelanja emas, di saat-saat sekarang ini merupakan waktu yang tepat. ''Makanya, kalau mau beli emas sekarang, mumpung lagi turun,'' ujar Asteria, Selasa (16/4) malam, di toko emas tempatnya bekerja, di lantai dasar Depok Town Square, Depok.

Seperti halnya di sejumlah kota di Indonesia lainnya, di Kota Depok pun harga emas turun. Asteria, Supervisor Toko Mas Kemenangan ini, mengatakan, harga jual emas kuning dengan kadar 24 karat saat ini, Rp 440 ribu per gram. ''Harganya turun, yang tadinya sekitar Rp 500 ribu per gram,'' ujarnya.

Harga emas yang terbilang anjlok ini, belum pernah terjadi sebelumnya. Asteria menyebutkan, memang harga emas sedang tidak stabil. Sebabnya pun tidak diketahui. Ia mengatakan, yang jelas harga emas batangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan logam mulia, sedang turun. ''Dari Antam (Aneka Tambang-Red), sekarang ini logam mulia per satu gramnya Rp 460 ribu,'' katanya.

Ia mengatakan, turunnya harga emas memang berlangsung sekitar seminggu yang lalu. Namun, semakin menurunnya ini, dirasa sejak dua tiga hari yang lalu. Tak hanya emas kadar 24 karat yang sedang turun, untuk harga emas 22 karat juga mengalami penurunan. Asteria mengatakan emas 22 karat yang per gramnya seharga Rp 360 ribu dari Rp 410 ribu per gram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement