Rabu 17 Apr 2013 17:27 WIB

Ujian Nasional Paket C di Lebak Lancar

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ujian Nasional (ilustrasi).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Ujian Nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK --Pelaksanaan Ujian Nasional Paket C setara SMA di Kabupaten Lebak, Banten, pada hari ketiga berjalan lancar, para peserta mengikuti ujian dengan tenang dan tertib.

"Kami berharap mereka bisa mengisi lembaran naskah Ujian Nasional (UN) dengan mudah sehingga dapat lulus Paket C," kata Sekertaris Koordinator Pengawas UN Kabupaten Lebak Wandi S Assayid di Rangkasbitung, Rabu (17/40).

Ia mengatakan, saat ini jumlah peserta didik Paket C yang mengikuti UN di Kabupaten Lebak tercatat 21 penyelenggara di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). Mereka mengikuti UN tersebut di masing-masing PKBM dengan pengawalan ketat dari polisi juga pengawas independen.

Pengawasan UN Paket C itu, kata dia, untuk mencegah kebocoran soal lembaran ujian. "Kami menjamin UN Paket C ini tidak terjadi kebocoran," katanya.

Jadwal ujian Paket C berbeda dengan sekolah reguler, seperti SMA/SMK/MA. Pelaksanaan UN sekolah reguler dilaksanakan pagi hari mulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB, sedangkan Paket C pukul 13.00-14.00 WIB.

Selama ini, kata dia, UN Paket C berjalan dengan baik dan lancar serta tidak ada masalah pendistribusian naskah lembaran ujian. "Kami belum menerima laporan secara resmi kekurangan naskah lembaran maupun kerusakan," katanya.

Ia menyebutkan, sebagian besar peserta UN Paket C rata-rata berusia di atas 20 tahun dan mereka melanjutkan pendidikan kesetaraan melalui PKBM. Apabila mereka lulus UN Paket C kemungkinan bisa melanjutkan hingga perguruan tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement