Selasa 23 Apr 2013 10:13 WIB

Petani Yogya Dianjurkan Mulai Tanam Palawija

Rep: Neni Ridarineni/ Red: A.Syalaby Ichsan
Seorang petani tengah memanen jagung miliknya (ilustrasi).
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Seorang petani tengah memanen jagung miliknya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Bulan April minggu ketiga dan awal Mei di wilayah DIY sudah mulai musim kemarau. Karena itu, para petani dianjurkan untuk mulai menanam palawija (jagung, kacang tanah, kedelai) dan tanaman kering lainnya seperti buah melon, buah semangka, cabe dan tomat, sayuran.

''Pola tanam di wilayah DIY sebagian besar padi-padi-palawija.. Namun khusus di Sleman bagian barat terutama di hampir seluruh Kecamatan Minggir dan sebagian di Kecamatan Moyudan, air terus mengalir, sehingga pola tanamnya padi-padi-padi,''kata Kepala Dinas Pertanian DIY Sasongko pada Republika, Selasa (23/4).

Kalaupun pada bulan Mei ini terpaksa  harus menanam padi, Sasongko mengharapkan supaya petani waspada dan mengamati hama tanaman. Untuk di wilayah yang airnya terus mengalir seperti Kecamatan Minggir, bila menanam palawija tanahnya harus dikeringkan.

"Tapi di wilayah tersebut banyak kolam-kolam untuk memelihara ikan tawar. Kalau sawah dikeringkan, tentu saja kolam juga akan kering, sehingga tidak memungkinkan untuk menanam palawija,''tuturnya.

Hal itu menjadi kendala mengapa mereka tidak bisa menanam palawija. Padahal bila pola tanam padi-padi-padi, rawan terjadinya hama. Kalau sawah ditanaman dengan  padi tidak terus-terusan, melainkan diselingi dengan tanaman palawija bisa  memutus mata rantai hama.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement