Selasa 30 Apr 2013 09:49 WIB

Pengacara Ini Siap Bela Pengebom Boston

Red: A.Syalaby Ichsan
Judy Clarke
Foto: huffingtonpost
Judy Clarke

REPUBLIKA.CO.ID, Pengacara publik  Judy Clarke siap membela Dzokhar Tsarnaev terhadap tuntutan hukuman mati dari jaksa. Clarke yang dikenal sukses dalam menghindarkan terdakwa dari vonis mati bergabung dalam tim kuasa hukum tersangka pengebom Maraton Boston tersebut.

Dzhokar (19 tahun) ditangkap pada 19 April 2013 lalu dan tengah berada dalam perawatan setelah terluka oleh peluru. Adik Tamerlan Tsarnaev ini tengah dirawat di pusat medis penjara di luar Boston.

Jaksa telah memperkarakan Dzhokar atas penggunaan senjata penghancur massal terkait dengan peledakan dua bom di Maraton Boston yang membunuh tiga orang dan mencederai 264 orang lainnya. Atas perbuatannya, Dzhokar dapat dihukum mati.

Pengacara publik yang selama ini mewakili, Tsarnaev, Miriam Conrad meminta Hakim Pengadilan Federal Boston untuk membentuk tim hukumnya bersama Clarke dan pengacara lain. Dia mengungkap, Hukum Federal memberi hak kepada pengacara untuuk membentuk tim berpengalaman dengan perkara yang mendapat ancaman hukuman mati. 

Clarke sebelumnya sukses membela beberapa klien yang terancam hukuman mai. Dia bisa 'bertahan' dari tuntutan hukuman mati atas perkara dengan korban enam tewas dan melukai 13 lainnya pada penembakan di Arizona. 

Terdakwa tersebut, Jared Loughner sebelumnya dituntut hukuman mati. Akan tetapi, dengan dikabulkannya permohonan tim kuasa hukum, Loughner dapat terhindar dari hukuman tersebut dan menerima masa pidana selama 140 tahun tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement