Sabtu 11 May 2013 09:09 WIB

PNA: Hamas Berikan Paspor Palsu untuk Yusuf Qardhawi

Dr Yusuf Al Qardhawi
Dr Yusuf Al Qardhawi

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Pemerintah Otonomi Nasional Palestina (PNA), Jumat (10/5), menuduh Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS) menawarkan paspor Palestina palsu kepada tokoh agama kenamaan Sheikh Yusuf Qardhawi.

Kementerian Dalam Negeri PNA mengatakan dalam satu pernyataannya bahwa kementerian itu telah mengirim surat resmi ke semua negara yang mengakui PNA. Kementerian menjelaskan paspor yang diberikan kepada Qardhawi itu palsu.

PNA memerintah Tepi Barat Sungai Jordan dan Kementerian Dalam Negerinya adalah badan sah Palestina yang berwenang mengeluarkan paspor buat orang Palestina atau memberinya kepada warganegara lain sebagai penghormatan.

Pada Kami (10/5) lalu, Qardhawi memulai kunjungan dua hari ke Jalur Gaza yang dikuasai HAMAS. Perdana Menteri Palestina, Ismail Haneya, menawarkan paspor diplomatik merah Palestina untuk Qardhawi.

Hamas telah menguasai Jalur Gaza sejak merebut kendali melalui kekerasan pada musim panas 2007. Dunia tidak mengakui kekuasaan Hamas atas daerah kantung itu. Gerakan Perlawanan Islam tersebut tak berwenang untuk mengeluarkan paspor.

''Pernyataan PNA itu mengatakan pemerintah Palestina telah mendesak semua negara yang mengakui paspor Palestina untuk menyita setiap paspor palsu yang tidak dikeluarkan oleh wakil sah rakyat Palestina,'' demikian laporan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta pada Sabtu pagi.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement