Sabtu 11 May 2013 18:05 WIB

Wow, Indonesia Alami 60 Banjir Dalam Sepuluh Tahun

Red: Nidia Zuraya
Banjir (ilustrasi)
Foto: antara
Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DELFT -- Indonesia mengalami 60 kali peristiwa banjir berdasarkan data yang dihimpun selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Fakta tersebut menjadikan Indonesia salah satu negara paling sering terkena bencana tersebut di Asia Tenggara.

"Banjir terkonsentrasi di daerah delta atau dataran rendah yang letaknya kurang dari 100 meter di bawah permukaan laut," kata Dosen Teknik Sipil, Universitas Andalas, Nurhamidah, di Delf, Belanda, Sabtu (11/5).

Nurhamidah mengemukakan hal tersebut saat memberikan kuliah umum dengan judul 'Floods: Not Only Jakarta! Sumatra Also Suffered by Floods and Significant Land Subsidence' yang diselenggarakan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Delft. Menurut dia daerah dataran rendah sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut, peningkatan volume air sungai dan erosi kawasan di pesisir. Selain itu pembabatan hutan dan penurunan lahan juga menjadi penyebab terjadinya banjir di daerah delta.

"Kita lebih sering mendengar Jakarta jika bicara soal banjir, padahal hampir seluruh wilayah di Indonesia punya kondisi demikian sehingga juga rawan terhadap banjir," jelas Nurhamidah yang saat ini sedang menempuh pendidikan doktoral di Universitas Teknologi Delft, Belanda.