Selasa 14 May 2013 12:04 WIB

Dirut Telkom Berbagi Kiat Sukses

Rep: Satya Festiani/ Red: Mansyur Faqih
Direktur Utama PT Telkom Arief Yahya
Foto: Antara
Direktur Utama PT Telkom Arief Yahya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Telkom, Arief Yahya berbagi kiat sukses untuk membangun perusahaan. Ia menjadi salah satu pembicara dalam Talkshow 'Kebangkitan BUMN Nasional' di Jakarta.

"Maju mundurnya perusahaan tergantung CEO-nya," ujar Arief, Selasa (14/5). 

Menurutnya, jika CEO berlari, perusahaan juga akan berlari. Begitu pula jika CEO tidur maka perusahaannya akan tidur. 

Arief mengutip perkataan Menteri BUMN Dahlan Iskan, kalau 80 persen kesuksesaan atau kegagalan suatu perusahaan ditentukan oleh pemimpinnya. Ia mengatakan semangat yang tinggi akan mencari jalannya sendiri untuk sukses.

Arief menyebut tiga hal yang harus dilakukan pemimpin. Pertama, bermimpi besar. "Adalah suatu kesalahan jika pemimpin tidak bermimpi besar," ujar Arief. 

Kedua, pemimpin tidak pernah merasa lelah sebelum mencapai mimpi. Selanjutnya, pemimpin hendaknya memikirkan apa yang diwariskan pada penerusnya. 

"Hal pertama yg harus dipikirkan oleh pemimpin adalah hal terakhir yang akan diwariskan pada penerusnya," ujar dia.

Ia menjelaskan, setiap pemimpin di Telkom harus memiliki tiga kriteria, yakni integritas, antusias dan totalitas. 

Saat ini, Telkom mencatatkan kinerja yang baik pada 2013. Perusahaan ini berhasil membukukan laba sebesar Rp 3,4 triliun, meningkat 4,7 persen dibandingkan periode yang sama pada 2012 yang sebesar Rp 3,3 triliun. 

Hingga April 2013, market capitalization meningkat 70 persen dari 2011. Harga saham Telkom hingga 22 April 2013 berada di posisi Rp 12 ribu. Pada 2011, harga saham masih di posisi Rp 7.050.

Berdasarkan data Forbes Global 2000 tahun 2013, Telkom menjadi perusahaan telekomunikasi dengan nilai pasar kedua di Asia Tenggara setelah Singtel. Nilai pasar Telkom mencapai 21,4 miliar dolar AS. Sementara nilai pasar Singtel sebesar 45,7 miliar dolar AS.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement