Jumat 17 May 2013 09:07 WIB

Pascabanjir Cisolok Sukabumi, Pemkab Buka Posko Kesehatan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi membangun posko kesehatan di sekitar lokasi bencana banjir di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Posko yang didirikan di Puskesmas Cisolok ini untuk mengobati sejumlah warga yang kebanyakan mengalami gatal-gatal akibat banjir. "Banyak warga yang berobat ke tim medis yang ada di posko," ujar Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo, Jumat (17/5).

Usman menyatakan, rata-rata, mereka mengeluhkan sejumlah penyakit seperti gatal-gatal, pusing, dan mual-mual. Kondisi ini, kata Usman, disebabkan permukiman warga masih kotor dengan lumpur yang berpotensi menyebabkan gatal-gatal. Salah satunya dialami warga Cisolok, Eem Haliya (30 tahun).

Eem mengalami gejala gatal-gatal pada sejumlah bagian tubuhnya. Selain itu, ia mengeluhkan kurangnya ketersedian air bersih di awal bencana. Namun, kini pasokan air bersih mulai disalurkan.

Seperti diketahui banjir bandang menerjang Kecamatan Cisolok, Selasa (14/5) sore. Dampaknya, sebanyak 165 unit rumah terendam banjir dan satu unit jembatan roboh.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِى الْاَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْۖ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِيْنَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ اَمْنًاۗ يَعْبُدُوْنَنِيْ لَا يُشْرِكُوْنَ بِيْ شَيْـًٔاۗ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ
Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh, akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh, Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu apa pun. Tetapi barangsiapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

(QS. An-Nur ayat 55)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement