Jumat 17 May 2013 19:08 WIB

Titik Terang 'Rekening Gendut' Aiptu LS Mulai Ditemukan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Citra Listya Rini
rekening gendut
Foto: arrahmah
rekening gendut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Daerah (Polda) Papua mulai menemukan titik terang di balik harta fantastis yang dimiliki oleh anggotanya Aiptu Labora Sitorus (LS).  Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Papua Kombes Setyo mengatakan LS yang kini sudah menjadi tersangka diduga melakukan praktik penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jutaan liter.

"Kami juga sudah menemukan dan sita sampai satu juta liter BBM dari tempat usahanya," kata Setyo ketika dihubungi Republika, Jumat (17/5).

Setyo menambahkan meski LS sudah dijadikan tersangka, polisi yang belakangan diketahui berdinas di Polres Raja Ampat ini belum juga memenuhi panggilan. Tak hanya LS, beberapa nama juga disebutkannya akan dipanggil dengan status saksi untuk memenuhi keterangan atas kasus oknum aparat ini.

Namun, Setyo tidak menyebutkan siapa saja ‘rekan’ LS yang diduga ikut mengetahui praktek penimbunan BBM illegal hingga rekening LS bisa mencapai Rp 900 miliar. 

"Kami panggil juga saksi-saksi, tapi belum ada yang merespon. Proses pemeriksaan menjadi terhambat," ujar dia.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes I Gede Sumesta mengatakan beberapa saksi yang akan dipanggil ini diduga terkait dengan perusahaan yang dipegang oleh LS.

Gede menyampaikan praktik haram LS ditengarai memiliki hubungan dengan rekannya di luar kepolisian, mereka adalah pimpinan di PT Seno Adi Wijaya (SAW).

"Inisialnya JL. Dia juga sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Untuk saksi kami panggil dari Pertamina guna dimintai keterangan," kata Gede saat dihubungi Republika.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement