Kamis 23 May 2013 03:11 WIB

Mebel Pantura Digemari Warga Jepang

Red: Endah Hapsari
Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON---Para perajin mebel di daerah Pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengaku mebel berbahan rotan warna natural sangat diminati pasar ekspor tujuan Jepang.

Ketua Asosiasi Mebel Rotan dan Kayu Indonesia (AMKRI) Sunoto mengatakan, setiap negera memiliki keinginan desain dan warna yang berbeda, untuk tujuan ekspor Jepang mebel berbahan rotan warna natural sangat diminati.

Ia menuturkan, permintaan mebel berbahan rotan untuk kiriman Jepang cukup menggairahkan, sehingga butuh peningkatan kreasi motif dan terus mengembangkan desain supaya bisa dipertahankan.

Mebel rotan untuk pasar ekspor mengalami peningkatan cukup tinggi, kata dia, dengan upaya berbagai pameran di sejumlah negara Eropa dan Amerika bahkan hingga Afrika, diharapkan tahun 2014 mampu mencapai 3000 kontainer.

Arif Fadila salah seorang penguhasa rotan mengaku, permintaan untuk asar Jepang cukup menggairahkan, model minimalis dan warna natural sangat diminati oleh mereka.

Pesanan mebel rotan tujuan ekspor Jepang dan Italia kembali meningkat, setelah pemerintah mengeluarkan larangan ekspor bahan baku mebel rotan tersebut, meski permintaan masih belum maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement