Sabtu 25 May 2013 19:02 WIB

Besok, Rakyat Jawa Tengah Memilih Gubernur

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Heri Ruslan
Pilkada (ilustrasi)
Foto: IST
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Sebanyak 27.385.985 warga Jawa Tengah akan memilih gubernur periode 2013- 2018, Ahad (26/5) besok. Pada saat yang sama, warga kabupaten Kudus dan Temanggung juga menggelar hajat demokrasi, pemilihan bupati.

Ke-27.385.985 pemilih pada pilgub Jawa Tengah ini akan menggunakan hak pilihnya di 61.951 tempat pemilihan suara (TPS). Mereka akan memilih tiga pasangan cagub dan cawagub periode 2013- 2018. 

Masing- masing pasangan nomor urut satu, Hadi Prabowo- Don Murdono (HP Don) yang diusung PKS, PKB, PPP, Gerindra, Hanura dan PKNU; Bibit Waluyo- Sudijono Sastroatmojo (Bissa) yang diusung Partai Demokrat, partai Golkar dan PAN serta pasangan Ganjar Pranowo- Heru Sudjatmoko (Gagah) yang diusung PDIP.

“Semua tahapan persiapan pemungutan suara sudah tidak ada masalah lagi. Kami mengharapkan partisipasi warga Jawa tengah dalam hajat demokrasi ini,” ujer Ketua KPU provinsi Jawa tengah, Fajar Subhi AK Arif, Sabtu (25/5), di Semarang.   

Di Kabupaten Kudus sedikitnya 600.448 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) akan melaksanakan ‘pemilukada bersama’ (red; Pilgub dan Pilbup bersamaan).

Mereka akan menggunakan hak pilihnya di 1.394 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di sembilan kecamatan. Yakni Kecamatan Kota, Jati, Jekulo, Kaliwungu, Mejobo, Bae, Dawe, Gebog, dan Kecamatan Undaan.

Ke-lima pasangan cabup dan cawabup Kudus masing- masing nomor urut satu HM Tamzil- Asyrofi ; nomor urut dua Badri Hutomo- Sofiyan Hadi; nomor urut tiga Erdi Nurkito- Anang; nomor urut empat Musthofa- Abdul Hamid dan nomor urut lima pasangan Budiyono- Sakiran.

Sementara di Kabupaten Temanggung tercatat 578.446 pemilih terdaftar dalam DPT pilbup. Sementara sebanyak 578.508 pemilih tercatat dalam DPT pilgub Jawa Tengah atau lebih banyak.

Selisih 62 pemilih antara DPT pilbup dengan DPT pilgub Jawa Tengah dikarenakan ada warga dari daerah lain –yang karena alasan tertentu—ingin melaksanakan pemilihan gubernur di kabupaten Temanggung.

“Namun pelaksanaan pemungutan suara dilakukan bersamaan, 26 Mei 2013 di 1.717 TPS,” ungkap anggota KPU Kabupaten Temanggung Divisi Teknis dan Penyelenggara, Agus Istanto. 

Sementara itu, ke-lima pasangan cabup-cawabup yang akan bertarung dalam pilbup Temanggung meliputi, pasangan nomor urut satu, Budiarto-Dedi yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP dan Hanura).

Pasangan nomor urut dua, Fuad Hidayat-Andoyo (PKB, Gerindra). Pasangan nomor urut tiga, Bambang Sukarno-Irawan (PDIP) dan pasangan nomor urut empat Hadi Kuswanto- Tri Murdoko (independent) serta pasangan nomor urut lima, Anif Punto-Budidoyo (PAN).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement