Jumat 14 Jun 2013 11:45 WIB

Pendaftaran Peserta Didik Baru Gratis di Daerah Ini

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dewi Mardiani
Bantuan Operasional Sekolah
Bantuan Operasional Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pendaftaran penerimaan peserta didik baru SD dan SMP di Sleman tahun ini akan digratiskan. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman, Arif Haryono, mengatakan, biaya pendaftaran SD dan SMP dibebankan pada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Pendaftaran SD dan SMP dibebankan pada BOS, sehingga pendaftar tidak dipungut biaya alias gratis," katanya di kantornya. Menurutnya, biaya pendaftaran SD dan SMP yang akan dibebankan pada BOS itu sebesar Rp 25 ribu untuk SD dan Rp 30 ribu untuk SMP.

Sementara itu, peserta didik baru yang akan mendaftar ke TK dan SMA tetap dipungut biaya. "Untuk TK dan SMA dibebankan pada pendaftar, karena tidak ada dana BOS," jelasnya. Untuk mendaftar TK, pendaftar dipungut biaya pendaftaran Rp 20 ribu. Sedangkan, di SMA biaya pendaftaran sebesar Rp 35 ribu dan SMK Rp 45 ribu.

Arif menambahkan, pendaftar dapat mendaftarkan TK kelompok A dengan syarat usia 4-5 tahun. Sedangkan, TK kelompok B persyaratannya usia 5-6 tahun. Untuk SD, peserta didik baru dengan usia 7-12 tahun wajib diterima. "Ini dalam rangka menyukseskan wajib pendidikan dasar," jelasnya. Namun, bagi calon peserta didik yang usianya masih enam tahun dapat diterima dengan syarat apabila daya rampung sekolah belum terpenuhi.

Arif mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2013 di Kabupaten Sleman masih menggunakan cara manual. Menurutnya, sistem online dalam PPDB baru akan diberlakukan tahun depan karena butuh persiapan yang matang. Sehingga, untuk mempermudah pendaftar pada tahun ini, pihak sekolah akan menayangkan pergerakan nilai setiap menit melalui layar monitor.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement