Sabtu 15 Jun 2013 17:09 WIB

Imasco Segera Operasikan Pabrik Semen di Jember

Red: Taufik Rachman
Pabrik Semen Baturaja
Foto: Antara
Pabrik Semen Baturaja

REPUBLIKA.CO.ID,JEMBER--Investasi pabrik semen di Kabupaten Jember, Jawa Timur, bertambah pada tahun ini, karena dalam waktu dekat pabrik semen milik PT Imasco segera beroperasi di kabupaten setempat.

"Pabrik semen berbendera PT Imasco akan berdiri di Jember dan sebelumnya sudah ada Pabrik Semen Puger milik PT Semen Puger Raya Sentosa, sehingga pendirian pabrik itu akan menambah daftar investasi yang masuk ke kabupaten setempat," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Jember, Achmad Sudiyono, Sabtu.

Menurut dia, pabrik semen tersebut rencananya mendapat konsesi lahan pengelolaan seluas 41 hektare di kawasan gunung kapur Grenden dengan ketinggian 80 meter di Kecamatan Puger, seperti pabrik Semen Puger yang lebih dahulu berdiri di sana. "Menurut penelitian mereka, gunung kapur di Puger itu akan habis dalam kurun waktu 82 tahun," tuturnya.

Berdasarkan laporan perencanaan yang diterima Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Jember tercatat kapasitas produksi pabrik tersebut mencapai 1 juta ton per tahun dan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang.