Ahad 30 Jun 2013 14:38 WIB

BCW Desak Polisi Usut Aliran Dana Rp 540 Juta ke Rekening Oknum Kajati Bali

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR--Bali Corruption Watch (BCW) meminta kepolisian untuk mengusut misteri uang Rp 450 juta yang ditransfer oleh Rektor Institut Hindu Dharma Negeri Prof I Made Titib ke sejumlah rekening milik orang yang mengaku dari Kejaksaan Tinggi Bali.

"Kami meminta hal itu harus diusut tuntas karena sepertinya ada kejanggalan, sebab alasan Prof Titib mentransfer uang berubah-ubah padahal sudah dilaporkan kepada polisi. Kami meminta kepolisian segera menanganinya," kata Ketua Bali Corruption Watch (BCW) Putu Wirata Dwikora, di Denpasar, Minggu.

Dia menjelaskan, guru besar tersebut melaporkan terkait masalah transfer uang kepada kepolisian karena merasa tertipu oleh "oknum" diduga dari Kejati Bali yang berjanji bisa membantu menangani kasus dugaan penggelembungan dana pengadaan barang di kampus tersebut.

Pernyataan rektor itu kemudian berubah setelah menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi itu di Kejati Bali.

Alasan mentransfer uang itu karena ketiga orang tersebut bermaksud meminjam uang dan akan dikembalikan sepekan kemudian. "Alasan yang berubah-ubah tersebut menimbulkan berbagai pertanyaan dan kejanggalan, mengapa pengakuan Prof Titib sehabis mengadukan kasus yang disebutnya penipuan itu ke polisi, berubah ubah," ujarnya.

Menurut Wirata, perbuatan mentransfer uang sebanyak itu bukanlah hal yang sepele karena ada banyak dugaan. Salah satunya adalah indikasi suap supaya kasus yang melilit kampus tersebut tidak sampai menyentuh Prof Titib.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ لَهُمْ نَبِيُّهُمْ اِنَّ اللّٰهَ قَدْ بَعَثَ لَكُمْ طَالُوْتَ مَلِكًا ۗ قَالُوْٓا اَنّٰى يَكُوْنُ لَهُ الْمُلْكُ عَلَيْنَا وَنَحْنُ اَحَقُّ بِالْمُلْكِ مِنْهُ وَلَمْ يُؤْتَ سَعَةً مِّنَ الْمَالِۗ قَالَ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىهُ عَلَيْكُمْ وَزَادَهٗ بَسْطَةً فِى الْعِلْمِ وَالْجِسْمِ ۗ وَاللّٰهُ يُؤْتِيْ مُلْكَهٗ مَنْ يَّشَاۤءُ ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ
Dan nabi mereka berkata kepada mereka, “Sesungguhnya Allah telah mengangkat Talut menjadi rajamu.” Mereka menjawab, “Bagaimana Talut memperoleh kerajaan atas kami, sedangkan kami lebih berhak atas kerajaan itu daripadanya, dan dia tidak diberi kekayaan yang banyak?” (Nabi) menjawab, “Allah telah memilihnya (menjadi raja) kamu dan memberikan kelebihan ilmu dan fisik.” Allah memberikan kerajaan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 247)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement