Ahad 30 Jun 2013 20:04 WIB

Karya Shakespeare akan Ditulis Ulang

Red: M Irwan Ariefyanto
William Shakespeare
Foto: guardian
William Shakespeare

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Penulis novel, Jeanette Winterson, akan menulis ulang karya William Shakespeare, The Winter's Tale, untuk para pembaca zaman modern. Proyek yang disebut The Hogarth Shakespeare itu akan diluncurkan pada tahun 2016 untuk memperingati 400 tahun wafatnya Shakespeare.

Seperti dikutip BBC, Winterson -penulis novel Oranges Are Not the Only Fruit- dan peraih Penghargaan Pulitzer, Anne Tyler, merupakan dua penulis yang pertama dipilih untuk proyek tersebut. "Kita semua memiliki naskah-naskah yang kita bawa ke mana-mana dan membawa kita ke mana-mana," kata Winterson.

"Saya sudah bekerja dengan The Winter's Tale dalam berbagai bentuk selama beberapa tahun. Ini kesempatan yang baik untuk bekerja dalam hak karya itu. Dan saya suka penulisan ulang."

Tahun lalu, Winterson menerbitkan The Daylight Gate, sebuah novelet yang menceritakan kembali karya abad ke-17 dari Pendle Witches. "Saya tidak tahu apa yang sebenarnya lebih saya inginkan, menggali misteri dari Kate si pemberang atau mencari tahu apa yang dilakukan oleh penulis lain tentang karakter-karakter Shakespeare."