Rabu 17 Jul 2013 20:40 WIB

1 Meninggal dan 2.300 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Kendari

Rep: Fenny Melisa/ Red: Citra Listya Rini
Hujan tanpa henti dua hari, membuat sejumlah kawasan di Kota Kendari, Sultra, digenangi banjir setinggi dua meter.
Hujan tanpa henti dua hari, membuat sejumlah kawasan di Kota Kendari, Sultra, digenangi banjir setinggi dua meter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banjir yang melanda Kota Kendari, Sulawesi Tenggara menyebabkan satu orang meninggal dan 2300 jiwa mengungsi. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan  bencana banjir dan tanah longsor di Kota Kendari yang terjadi sejak 15 Juli 2013 melanda 10 kecamatan dan 64 kelurahan.

"Saat ini banjir mulai surut di beberapa lokasi dan yang masih tergenang yaitu sekitar aliran Sungai Wanggo Kecamatan Baruga, Wua wua, dan Kambu," kata Sutopo Rabu (17/7).

Korban jiwa satu orang meninggal dunia karena tanah longsor yaitu warga asal Kelurahan Benu Benua Kecamatan Kendari Barat. Sedangkan 2.300 jiwa yang mengungsi ditampung di GOR, masjid, dan rumah keluarga.

Sutopo menuturkan upaya penanganan korban banjir yang telah dilakukan diantaranya evakuasi penduduk, pendirian posko tanggap darurat di halaman kantor walikota, penyiapan fasilitas penampungan di GOR menggunakan tenda, dapur umum, mobil tanki air, dan pelayanan kesehatan, serta mendistribusikan air bersih oleh PDAM dan Damkar juga mendistribusikan bahan makanan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement