Insya Allah, Pekan Depan Jalur Mudik Sudah Siap

Red: M Irwan Ariefyanto

Kamis 25 Jul 2013 04:10 WIB

Persiapan jalur mudik/ilustrasi Foto: Antara Persiapan jalur mudik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pemerintah menjanjikan perbaikan jalur pantai utara (pantura) dan jalur selatan Jawa akan siap dilintasi 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri atau awal pekan depan. Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sedang mempercepat perbaikan jalan selama lima hari mendatang.

"Kementerian PU sudah meninjau. H-10 setop perbaikan. Mereka janji,” kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan, di Jakarta, Rabu (24/7). Menurut Mangindaan, perbaikan jalur tidak bakal mengganggu arus mudik.

Prediksi Mangindaan ini didasarkan pada prediksi bahwa pemudik akan mulai memadati jalur pantura dan jalur selatan mulai 2 Agustus atau sepekan sebelum Lebaran. Pada tanggal itu, perusahaan sudah membayarkan tunjangan hari raya kepada karyawannya dan cuti bersama sudah dimulai. “Puncak arus mudik diprediksi pada 4 Agustus,” katanya.

Menurut Mangindaan, permasalahan jalur mudik, khususnya pantura yang selalu rusak karena jalan yang tidak mampu menanggung beban kendaraan. Jalur tersebut selalu dilintasi ribuan kendaraan setiap hari.