Ahad 28 Jul 2013 12:04 WIB

Pasca-Dilecehkan Mirip Orangutan, Menteri Kulit Hitam Italia Dilempar Pisang

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Menteri kulit hitam pertama Italia, Cecile Kyenge
Menteri kulit hitam pertama Italia, Cecile Kyenge

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Menteri kulit hitam pertama Italia, Cecile Kyenge masih mendapat pelecehan rasial setelah disebut mirip orangutan oleh politisi setempat beberapa waktu lalu. Dalam reli politik, dia dilempar pisang oleh orang yang tidak dikenal.

Dalam laporan BBC, Menteri Integrasi Kyenge hanya menyebut tindakan tersebut sebagai membuang-buang makanan. Namun, Menteri Lingkungan Italia, Andrea Orlando mengatakan dia marah atas insiden tersebut.

Pada awal bulan ini, senator Italia, Roberto Calderoli meminta maaf telah mengatakan Kyenge mengingatkannya para orangutan. Kyenge yang lahir di Kongo tersebut berbicara dalam kampanye Partai Demokrat pada Jumat lalu ketika seseorang tak dikenal melemparkan pisang ke arah punggung.

Polisi Italia mengatakan mereka mencoba untuk menemukan pelakunya. Kyenge menyebut insiden itu menyedihkan dan membuang-buang makanan dalam akun twitter-nya.

Menteri Pendidikan Maria Chiara Carrozza memuji Kyenge untuk keberanian dan tekadnya. "Melontar pisang, penghinaan pribadi... tindakan main-main ini tidak ada dalam diskusi yang beradab dan demokratis," ujar Gubernur regional Veneto, Luca Zaia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement