Tol Ruas Ungaran-Bawen Dibuka Sementara

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Hazliansyah

Rabu 31 Jul 2013 22:40 WIB

  Pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo Seksi Ungaran-Bawen, di Kab. Semarang, Jawa Tengah. Foto: Antara/Rekotomo Pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo Seksi Ungaran-Bawen, di Kab. Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Meski masih menyisakan 10 persen pekerjaan, jalan tol Semarang-Solo tahap II (ruas Ungaran- Bawen) dibuka sementara. Pembukaan ini dilakukan PT Trans Marga Jateng (TMJ) untuk mendukung kelancaran lalulintas para pemudik di Jawa Tengah.

Penggunaan sementara jalan tol ini diresmikan oleh gubernur Bibit Waluyo dan disaksikan Direktur Pengembangan dan Niaga PT Jasa Marga, Abdul Hadi, di area gerbang tol Bawen, kabupaten Semarang, Rabu (31/1) petang.

Direktur PT TMJ, Jajat Sudrajat mengatakan, pembangunan jalan tol ruas ini memang baru rampung 90 persen. Namun sudah diizinkan Menteri PU untuk digunakan sementara dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran kali ini.

Rencananya, pada H-7 Lebaran, ruas tol sepanjang 11 kilometer ini akan difungsikan untuk arus mudik dari arah Ungaran- Bawen. Sedangkan pada arus Balik akan diefektifkan mulai H+3 untuk arus balik dari arah sebaliknya (Bawen- Ungaran).

"Namun mulai Rabu pukul 20.00 WIB sudah siap dibuka, tanpa dipungut biaya terlebih dahulu," jelasnya.

Ia menambahkan, di ruas tol ini masih ada dua titik jalan yang belum selesai digunakan. Namun sudah disiapkan rambu dan marka jalan agar dapat digunakan.

Untuk mendukung keamanan, disiapkan 13 kendaraan operasional, petugas serta posko mudik Lebaran di lima titik.

Direktur Pengembangan dan Niaga PT Jasa Marga, Abdul Hadi pihaknya menyiapkan makanan buka bagi pengguna jalan tol ini.

Tak hanya di gerbang tol, tapi juga di titik kemacetan. "Saya juga meminta para petugas yang akan terlibat dalam pengamanan dapat melakukannya dengan ikhlas," ujar dia.

Terpopuler