Hindari Pemudik Bermotor, Bus Tabrak Pembatas Jalan Pantura

Rep: Lilis Handayani/ Red: Karta Raharja Ucu

Sabtu 03 Aug 2013 15:18 WIB

Kecelakaan Bus (ilustrasi) Foto: IST Kecelakaan Bus (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Memasuki H-5 Lebaran, kecelakaan mulai terjadi di jalur Pantura Indramayu. Sebuah bus Gunung Mulia yang melaju dari arah Solo menuju Jakarta menabrak pembatas jalan hingga pindah ke jalur berlawanan di jalan pantura 'by pass' Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Sabtu (3/8).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peistiwa tersebut. Namun, proses evakuasi bus yang memakan waktu, membuat arus lalu lintas di jalur Pantura Widasari sempat mengalami kemacetan.

 

Kecelakaan itu bermula saat mobil bus Gunung Mulia bernopol AD 1447 AD itu secara tiba-tiba menabrak pembatas jalan dan berpindah ke jalur berlawanan. Hal tersebut terjadi setelah sopir bus berusaha menghindari rombongan pemudik bermotor yang akan putar arah.

 

"Saya kaget karena tiba-tiba melihat ada rombongan pemudik bermotor yang akan putar arah," tutur sopir bus, Tatiman.

Beruntung, kendaraan lain dari arah berlawanan sedang tidak melaju kencang. Karenanya, kendaraan-kendaraan itu dapat menghindari mobil bus yang melintang di tengah jalan.

Proses evakuasi mobil bus yang memakan waktu membuat arus lalu lintas di pantura Widasari mengalami kemacetan lebih dari satu jam. Antrean panjang akibat kecelakaan itu mencapai hingga sekitar sepuluh kilometer.

Terpopuler