Supermarket Diminta tidak Jual Makanan Dekati Kedaluarsa

Red: Hazliansyah

Sabtu 03 Aug 2013 23:18 WIB

Sidak makanan kedaluwarsa/ilustrasi Foto: pinoyexpat.net Sidak makanan kedaluwarsa/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Masyarakat dalam berbelanja memenuhi kebutuhan lebaran diminta agar mewaspadai produk makanan dan minuman kemasan yang sudah kedaluarsa.

Permintaan tersebut disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Nursalam Lada di Kendari, Sabtu.

"Tim Dinas Perindutrian dan Perdagangan Sultra yang melakukan pemantauan produk berbagai jenis makanan dan minuman kemasan di sejumlah supermarket, menemukan banyak jenis produk makanan dan minuman yang masa pakainya sudah lewat," katanya.

Oleh karena itu kata dia, masyarakat yang berbelanja berbagai produk makanan untuk bahan kebutuhan lebaran di supermarket, agar memperhatikan masa pakai jenis produk yang dibeli.

Dengan begitu ujarnya, masyarakat konsumen bisa terhindari dari produk bahan makanan yang bisa membahayakan kesehatan.

"Kita harapkan saat berbelanja masyarakat selalu memperhatikan dan meneliti produk makanan dan minuman yang dibeli, sehingga produk yang dibeli dipastikan aman dikonsumsi," katanya.

Kepada para pemilik supermarket, Nursalam meminta agar tidak lagi memajang produk makanan dan minuman yang sudah kedaluarsa atau mendekati kedaluarsa. Sebab produk makanan atau minumam yang demikian itu kata dia, sangat memungkinkan dibeli konsumen yang kurang teliti dan hati-hati saat membeli produk bahan makanan dan minuman kemasan.

"Banyak konsumen yang beranggapan bahwa bahan makanan atau minuman yang dijual di supermarket aman untuk dikonsumsi," katanya.

Terpopuler