Masjid Bintang dan Tempat Pijat untuk Pemudik

Red: Karta Raharja Ucu

Senin 05 Aug 2013 09:45 WIB

Pantura mulai dipadati pemudik. Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara Pantura mulai dipadati pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID SURABAYA -- Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiapkan 39 masjid bintang bagi pemudik selama 'Operasi Ketupat Semeru 2013' pada 2-17 Agustus. Ke-39 masjid bintang itu disiapkan 39 polretabes dan polres se-Jatim untuk melayani pemudik.

Kasubbid Penmas Polda Jatim, Kombes Pol Suhartoyo di Surabaya, Senin (5/8) menjelaskan, masjid bintang adalah masjid yang terletak di pinggir jalan raya pada sejumlah kabupaten/kota yang biasanya dilewati para pemudik.

"Masjid bintang yang bekerja sama dengan MUI se-Jatim itu berfungsi untuk pemudik yang beristirahat sejenak, shalat, dan juga berbuka puasa, baik membawa makanan sendiri maupun membeli makanan pada sejumlah anjungan pada beberapa masjid bintang," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan 243 titik pospam (pos pengamanan) untuk melayani masyarakat pemudik. "Ada juga 30 titik posyan (pos pelayanan) yang membantu pemudik," kata Suhartoyo.

Pos pelayanan merupakan lokasi singgah pemudik untuk istirahat atau berbuka, bahkan ada bengkel untuk 'service' motor dan tukang pijat juga ada untuk pemudik yang lelah. Ada pula 26 titik pos pariwisata.

"Yang jelas, Operasi Ketupat Semeru 2013 merupakan operasi kemanusiaan yang mengutamakan pencegahan kecelakaan dan kriminalitas," ucapnya.

Terpopuler