Senin 05 Aug 2013 13:50 WIB

Pemprov Khyber Minta Bank Lokal Promosikan Keuangan Syariah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Nidia Zuraya
Gedung Bank of Khyber
Foto: timesofpakistan.pk
Gedung Bank of Khyber

REPUBLIKA.CO.ID, PESHAWAR -- Pemerintah Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di Pakistan, meminta bank daerah, yakni Bank of Khyber (BOK) memenuhi kewajiban untuk mempromosikan perbankan syariah. Saat ini negara-negara maju berusaha memimpin dalam memperkenalkan sistem perbankan bebas bunga. "Penguatan bank provinsi tersebut akan memainkan peran penting dalam tonggak kesejahteraan rakyat," ucap Pemimpin Parlemen, Sirajul Haq seperti dikutip The National, Senin (5/8).

Dia menghubungkan kemiskinan dan pengangguran terjadi akibat sistem perbankan berbasis bunga negara. Untuk itu perlu adanya perombakan terhadap sistem keuangan berbasis bunga.

Haq mengatakan perbankan syariah telah diperkenalkan tidak hanya di sektor perbankan Pakistan, tetapi juga dipraktikkan di 70 negara termasuk Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Saat ini sebuah investasi besar bernilai 600 miliar dolar AS sedang dibuat dalam perbankan syariah di dunia.

Pemprov setempat akan mengembangkan bank di sektor publik dan merintis bank provinsi tersebut dalam perbankan syariah dengan lebih banyak bisnis dan keuntungan finansial. Pemprov telah memberikan payung hukum kepada praktik perbankan syariah.