Jumat 09 Aug 2013 19:33 WIB

Pesawat AU Ethiopia Mendarat di Pantai, Empat Tewas

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Djibril Muhammad
Kecelakaan Pesawat Kargo
Foto: antara
Kecelakaan Pesawat Kargo

REPUBLIKA.CO.ID, MOGADISHU -- Sebuah pesawat kargo Angkatan Udara (AU) Ethiopia yang mengalami kecelakaan mendarat di pantai di Mogadishu, Somalia pada Jumat (9/8). Kecelakaan tersebut menewaskan empat di dalamnya.

Perwakilan Uni Afrika untuk Somalia Mahamat Saleh Annadif mengatakan dua anggota awak kapal dikabarkan diselamatkan petugas darurat dan dirawat ke rumah sakit militer Uni Afrika. Ia mengatakan landasan pacu tidak rusak dan akan kembali beroperasi secepatnya.

Kecelakaan yang terjadi pada pukul 8.00 pagi waktu setempat itu menimbulkan gumpalan asap gelap di Mogadishu. Seorang pejabat bandara yang tidak ingin disebutkan identitasnya mengatakan, pesawat itu penuh senjata.

Menurut dia, senjata tersebut akan ditujukan untuk pasukan Uni Afrika atau pasukan Somalia, yang akan meneruskan pertempuran dengan militan Alqaidah dari al-Shabab.

Lalu lintas udara di sana memang telah meningkat secara signifikan seiring dengan kondisi Mogadishu yang terus memulih setelah perang. Dua operator pesawat internasional utama yaitu Turkish Airlines dan Air Uganda mengoperasikan penerbangan langsung ke Mogadishu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement