Ahad 11 Aug 2013 23:30 WIB

Kompolnas: Pelaku Penembakan Manfaatkan Momentum

Rep: irfan fitrat/ Red: Heri Ruslan
Penembakan  (ilustrasi)
Foto: Reuters/Joshua Lott
Penembakan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peristiwa penembakan terjadi di wilayah Jakarta dan Yogjakarta beberapa waktu lalu. Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Hamidah Abdurrahman menilai para pelaku memanfaatkan momentum untuk melakukan tindakan yang meresahkan.

"Konsentrasi pihak kepolisian pada pengamanan mudik," kata Hamidah, saat dihubungi Republika, Ahad (11/8). Menurut dia, pada kondisi seperti itu, kemungkinan para pelaku penembakan melihat adanya kesempatan untuk bertindak.

Adanya penembakan misterius itu, menurut Hamidah, jelas dapat menganggu keamanan masyarakat. Karena itu, ia melihat pihak kepolisian perlu lebih mengoptimalkan kembali kinerjanya. Di saat momentum mudik, Hamidah berharap aparat keamanan tetap bisa memantau adanya potensi gangguan keamanan lainnya. "Masyarakat membutuhkan rasa aman," kata dia.

Pada Jumat (9/8), dua halte bus Transjakarta di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, menjadi sasaran penembakan. Pada hari yang sama, kejadian penembakan juga terjadi di wilayah Yogjakarta. Sekitar empat mobil warga di Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo menjadi sasarannya. Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan atas kasus penembakan itu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement