Jumat 30 Aug 2013 13:15 WIB

Bila Diminta Sultan Bersedia Menjadi Penengah Konflik Kraton Solo

Rep: neni ridarineni/ Red: Taufik Rachman
Sultan HB X
Sultan HB X

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA - Sehubungan dengan adanya gonjang-ganjing Kraton Surakarta yang melibatkan dua kubu Paku Buwono XIII Hangabehi dan kubu KGPH Panembahan Agung Tedjowulan, Sultan mengatakan bahwa itu urusan intern mereka.

Sebelumnya diberitakan bahwa Tedjowulan meminta Sultan Hamengku Buwono X sebagai mediasi (penengah) kasus tersebut. Menanggapi hal itu, Sultan mengatakan belum dihubungi oleh pihak Kubu Tedjowulan.

''Tidak,  saya tidak pernah dihubungi. Lagi pula saya kan tidak punya hak untuk itu (red., menjadi penengah),''kata Raja Kraton Yogyakarta dan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X pada wartawan di Kepatihan Yogyakarta, Jum'at (30/8).

Kecuali kalau yang bersengketa  dari kedua belah pihak meminta  Sultan meminta sebagai penengah, Sultan baru menyanggupi. ''Kalau hanya satu pihak yang meminta saya tidak mau. Di samping itu kami juga harus negosiasi masalahnya apa. Kan saya tidak mengerti persoalan mereka apa?,''tuturnya.

Menurut Sultan, kalau mereka dimediasi, tetapi kalau mereka ternyata tidak mau mendengar apa yang dikatakan dan disarankannya percuma.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement