Rabu 18 Sep 2013 17:16 WIB

Rupiah Rabu Sore Melemah 142 Poin

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Petugas mengangkut uang rupiah di
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Petugas mengangkut uang rupiah di "pooling cash" salah satu bank milik pemerintah di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mata uang rupiah pada Rabu sore kembali bergerak ke arah negatif sebesar 142 poin terhadap dolar AS dengan tingkat volatilitas yang cukup tinggi.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore melemah nilainya sebesar 142 poin menjadi Rp11.324 dibanding sebelumnya di posisi Rp11.182 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah bergerak dengan volatilitas yang cukup tinggi cenderung mengarah negatif. Apalagi 'yield' obligasi surat utang negara (SUN) menunjukkan kenaikan sehingga menambah sentimen negatif bagi mata uang domestik," kata Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (18/9).

Menurut Reza Priyambada, tampaknya sentimen pertemuan Bank Sentral AS atau the Fed dalam membahas pengurangan stimulus keuangannya cenderung menekan mata uang negara-negara berkembang (emerging market). "Namun, pelemahan rupiah tidak sendirian, koreksi juga terjadi pada mata uang 'emerging market' lainnya," kata dia.

Sementara itu, pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Ruly Nova mengharapkan usaha pemerintah yang fokus untuk memperbaiki defisit neraca transaksi berjalan dapat menahan rupiah tidak tertekan lebih dalam terhadap dolar AS.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement