Rabu 02 Oct 2013 13:48 WIB

Panas Bumi Paling Berpotensi Dikembangkan di Indonesia

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
Energi panas bumi. Ilustrasi.
Foto: greenfieldenergyco.com
Energi panas bumi. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSADUA -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai panas bumi adalah energi terbarukan yang paling berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia. Pengembangannya terhambat oleh peraturan yang menyebutkan bahwa penambangan dilarang dilakukan di kawasan hutan lindung.

UU No.41/1999 tentang Kehutanan Pasal 38 ayat (1) menyatakan bahwa "Penggunaan kawasan hutan untuk kepentingan pembangunan di luar kegiatan kehutanan hanya dapat dilakukan di dalam kawasan hutan produksi dan kawasan hutan lindung". Kemudian dalam ayat (4) dinyatakan bahwa "Pada kawasan hutan lindung dilarang melakukan penambangan dengan pola pertambangan terbuka".

"Geothermal itu pertambangan sehingga tidak boleh di kawasan hutan lindung. Padahal kerusakan dari geothermal tidak sebesar pertambangan," ujar Wakil Ketua Kadin, Erwin Sadirsan, yang ditemui di sela-sela APEC Conference on Clean, Renewable & Sustainable Use of Energy, Rabu (2/10).

Di Indonesia terdapat cadangan panas bumi sebesar 40 persen dari total cadangan panas bumi di dunia. Energi terbarukan lainnya yang berpotensi dikembangkan adalah biomassa. "Besar sampai-sampai negara lain menggunakan resources untuk biomassa mereka," ujar dia.