Jumat 04 Oct 2013 14:09 WIB

CT: Dengan atau Tanpa Obama, Keamanan APEC Terjamin

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: A.Syalaby Ichsan
Chairul Tanjung
Foto: kampungtki.com
Chairul Tanjung

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama resmi memutuskan tidak hadir dalam puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Nusa Dua, Bali, 5-8 Oktober mendatang.

Meski demikian, Wakil Ketua Panitia APEC Chairul Tanjung mengatakan, tidak ada perubahan perlakuan, terutama di bidang jaminan keamanan atas ketidakhadiran orang nomor satu di Amerika itu.

“Sejauh ini, keamanan kita sangat bagus. Dengan atau tanpa Presiden Obama, keamanan para pemimpin (leaders) dan delegasi KTT APEC tetap sama,” kata pria yang akrab disapa CT ini dalam konferensi pers di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (4/10).

Lebih lanjut, CT menyampaikan bahwa tidak ada satu pemimpin pun selain Obama yang sudah mengonfirmasikan untuk hadir di KTT APEC, kemudian membatalkan kunjungannya. CT mengatakan, pemberitahuan umum mengenai batalnya kedatangan Obama juga sudah diketahui oleh yang lainnya.

Sebagai pengganti Obama, Sekretaris Negara AS, John Kerry akan hadir di Bali. Seperti diketahui, Obama juga tidak hadir di KTT APEC tahun lalu di Rusia. Pasalnya, waktu penyelenggaraaan KTT APEC Rusia 2012 berdekatan dengan konvensi nasional Partai Demokrat di North Carolina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement