Senin 14 Oct 2013 01:16 WIB

Israel Buat Helm Berteknologi Tinggi untuk Pilot AS

Red: Hazliansyah
Pesawat tempur F-35
Pesawat tempur F-35

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Sebuah perusahaan Israel terpilih untuk ambil bagian dalam pembuatan helm berteknologi tinggi yang akan digunakan para pilot pesawat tempur Amerika Serikat F-35.

Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon, Ahad, mengatakan, Elbit Systems dan mitranya dari AS, Rockwell Collins, telah dipilih oleh Pentagon dan produsen F-35 Lockheed Martin untuk memasok helm-helm tersebut bagi generasi baru Joint Strike Fighter.

Joint Strike Fighter adalah pesawat tempur berteknologi tinggi yang dibuat untuk menjadi tulang punggung kekuatan udara Amerika di masa depan.

"Saya sampaikan selamat kepada Elbit Systems yang menjadi mitra dalam proyek unggulan global ini untuk memproduksi pesawat tempur paling canggih di dunia ini," kata Yaalon.

Elbit Systems membuat desain helm bagi para pilot pesawat tempur.

Yaalon mengatakan bahwa Industri Militer Israel telah menjadi bagian dari proyek F-35. Perusahaan milik pemerintah Israel itu merupakan produsen bagian-bagian pesawat.

"Terpilihnya Elbit Systems untuk memproduksi helm-helm pilot merupakan bentuk kepercayaan terhadap industri pertahanan Israel dan rakyat Israel," tambahnya.

Helm baru yang akan diproduksi di Amerika Serikat itu, bisa menyimpan data penerbang serta data tentang sistem persenjataan dan intelijen di depan mata pilot.

"Helm ini memungkin pilot melihat gambar-gambar dari kamera di pesawat, termasuk hidung pesawat. Helm juga memungkinkan pilot untuk melihat secara 'tembus pandang' bagian depan pesawat dan sangat membantu dalam pertempuran dan menyasar target-target di daratan," tulis koran tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement