Senin 28 Oct 2013 06:20 WIB

Alhamdulillah, Islam Diakui di Hamburg Jerman

Red: Heri Ruslan
Masjid Imam Ali di Hamburg.
Foto: www.presstv.ir
Masjid Imam Ali di Hamburg.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Afriza Hanifa

Jerman memiliki populasi muslim terbesar di Eropa setelah negara Prancis. Lebih dari 4 juta muslimin tinggal di negara republik federasi tersebut. Angka tersebut mengambil presentase sekitar lima persen dari total penduduk 82 juta jiwa. Minoritas, namun Islam agama terbesar ketiga setelah dua agama Eropa, Protestan dan Katholik.

Menurut laman Euro islam, komposisi muslim di Jerman didominasi oleh para imigran. Hampir 80 persen muslimin di negeri Panser itu tak memiliki kewarganegaraan Jerman. Hanya sekitar 608 ribu yang tercatat sebagai warga negara Jerman, ditambah sekitar 100 ribu para mualaf warga Jerman.

Awal mula Islam datang memang berasal dari para buruh migran. Mereka yang sebagian besar datang dari Turki bekerja sekian lama di Jerman. Namun saat pekerjaan usai, setengah dari mereka tinggal bahkan membawa anak dan istri. Mereka pun kemudian menetap di kawasan industri seperti Berlin, Cologne, Frankfurt, Stuttgart, Dortmund, Essen, Duisburg, Munich, Nurnberg, Darmstadt dan Goppingen, dan Hamburg.