Kamis 31 Oct 2013 07:24 WIB

Ini 15 Karakter Manga dengan IQ Super Jenius (1)

Rep: Muthia Ramadhani / Red: M Irwan Ariefyanto
Gihren Zabi, salah satu karakter jenius di manga Gundam
Foto: rocketnews
Gihren Zabi, salah satu karakter jenius di manga Gundam

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO -- Seberapa tinggi IQ anda? Penelitian menunjukkan kebanyakan orang mencetak antara 85-114. Skor IQ melebihi 140 disebut cukup tinggi. Namun, anda baru dikatakan jenius jika berhasil mencapai skor IQ 160 atau di atasnya.

Albert Enstein memiliki IQ 160. Issac Newton mencetak rekor 190. Barack Obama dikatakan memiliki IQ di atas 130, sedangkan Madonna 140. Beberapa orang menganggap IQ menjadi tolak ukur terbaik atas kecerdasan seseorang. Apapun itu, berikut adalah sederet karakter fiksi dari manga dengan IQ di atas orang-orang jenius atau bisa dikatakan super jenius, dilansir dari RocketNews24.

1. Sojiro Agata di Sket Dance

Sojiro Agata adalah mantan Presiden Dewan Mahasiswa Sekolah Tinggi Kaimei. Laki-laki 19 tahun ini memiliki IQ 160. Ini jelas di atas rata-rata, namun masih realistis. Jadi, tidak akan terlalu sulit untuk membayangkan laki-laki seperti Sojiro Agata hadir di sekolah atau kampusmu kan?

2. Hajime Kindaichi di File Kindaichi Case

Kindaichi memiliki IQ 180. Protagonis populer di Jepang ini hadir di manga misteri dalam serial detektif. Hajime Kindaichi adalah cucu dari seorang detektif swasta terkenal. Ia memiliki kemampuan intelijen genetik yang tinggi dan menggunakannya untuk menangani berbagai kasus kejahatan di tempat kejadian perkara (TKP). Ia mampu memecahkan misteri di balik sebuah pembunuhan yang terlihat mustahil sekalipun.

3. Urumi Kanzaki di Great Teacher Onizuka

Urumi adalah satu dari sekian banyak siswa bermasalah di bawa asuhan guru Eikichi Onizuka dimanga 'Great Teacher yang memiliki IQ super jenius, hingga 200. Si pirang ini sering menggunakan kecerdasan luar biasanya untuk memanipulasi guru-gurunya. Dia sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit di depan kelas sehingga membuat guru yang ditanyainya tampak sangat bodoh di depan seluruh kelas.

4. Shikamaru Naru di Naruto

Shikamaru sering ditemukan tidur atau berbaring sambil menonton gulungan awan. Dia adalah seorang shinobi yang sangat terampil. Hal yang lebih mengejutkan, dia adalah seorang ahli strategi yang brilian. Shikamari memiliki IQ di atas 200 yang membuatnya memiliki banyak taktik. Akan tetapi, dia menunjukkan pribadi yang justru sebaliknya. Dia sangat pemalas. Namun, meski dia malas, dia sering disebut setara dengan Leonardo Da Vinci.

5. Gihren Zabi di Gundam

Gihren Zabi adalah salahs atu pemimpin Kerajaan Zeon dengan IQ 240. Dia menggunakan kecerdasan dan kemampuan pidatonya yang luar biasa untuk membuat pidato-pidato politik yang menggelora.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement