Kamis 31 Oct 2013 19:00 WIB

36 'Pre Cast Double T' Dipasang, Jadwal Perbaikan Mundur 21 Desember

Rep: Nurhamidah/ Red: Djibril Muhammad
Proyek perbaikan jembatan
Foto: antara
Proyek perbaikan jembatan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangerang melakukan tahapan pemasangan pre cast double T (beton plat lantai jembatan) pada perbaikan Jembatan Pintu Air Sepuluh di Jalan Sangego, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Perbaikan yang tadinya ditargetkan selesai pada 7 Desember diundur menjadi 21 Desember mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangerang, Herry C. Trunajaya memaparkan sudah ada 36 pre cast yang siap dipasang.

"Hari ini mulai dipasang, pemasangan 36 pre cast kemungkinan akan selesai pada dua hari,"katanya kepada Republika saat memantau langsung pemasangan pre cast, Kamis (31/10).

Menurut dia, jembatan tersebut memiliki panjang 160 meter dan lebar Sembilan meter sehingga membutuhkan 96 pre cast.

Ukuran setiap satu pre cast memiliki panjang empat meter dan lebar 2,5 meter. Pemasangan satu pre cast membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Pemasangan pre cast bertahap mulai dari 20 meter pertama, 60 meter badan jembatan pertama, 60 rangka badan kedua, dan 20 meter jembatan terakhir.

Apabila pre cast sudah terpasang maka akan dilakukan stressing pada bagian pre cast dari kiri ke kanan. Setelah itu dilakukan pengecoran lalu disiram air untuk pemeliharaan pada pre cast tersebut.

Pemasangan 96 pre cast diperkirakan selesai selama dua minggu. Sebelumnya sudah dilakukan pengelasan pada baut agar tidak mudah terlepas. Serta ada beberapa baut yang diganti baru. Perbaikan jembatan tersebut kemungkinan akan mundur dari jadwal yang telah ditentukan.

"Kemungkinan selesai pada 21 Desember, karena bersamaan dengan perbaikan struktur pada bagian ujung jalan," ungkapnya.

Namun pihaknya akan terus mempercepat upaya perbaikan sesuai instruksi Plt Wali Kota Tangerang. Saat ini ada sekitar 40 pekerja yang mengerjakan proyek senilai Rp 7,1 miliar tersebut.

Tidak hanya itu, pada samping jembatan tersebut dibangun juga jalan tembus pintu air barat. Adapun besaran kontraknya Rp 966 Juta dari sumber dana APBD Kota Tangerang 2013.

Sedangkan waktu penyelesaian selama 75 hari untuk jalan sepanjang 250 meter dan lebar 2,5 meter. Selain itu, rangka atas jembatan juga akan dilakukan pengecatan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement