Jumat 08 Nov 2013 10:41 WIB

Longsor Hancurkan Rumah

Rep: eko widianto/ Red: Damanhuri Zuhri
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Pribadi
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Bencana longsor mulai terjadi di Kabupaten Banyumas. Hal ini terjadi saat hujan deras melanda sebagian wilayah Kabupaten Banyumas, Rabu (6/11) malam.

Dalam bencana tersebut, satu rumah di Desa Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang, hancur terdorong longsoran tanah. Untungnya, kejadian itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Peristiwa longsor, terjadi saat janda Suyati yang menempati rumah itu beserta seorang anak dan cucunya, sedang tertidur pulas. Saat itu, tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari samping rumah. Mendengar suara itu, para penghuninya yang sedang tertidur langsung terbangun dan berlari keluar rumah.

Pada saat itulah, longgsoran tanah dari tebing di samping rumah menggusur sebagian bagian rumahnya. Akibat longsoran tersebut, kondisi rumah Suyati kini hanya tinggal bagian ruang tamunya saja berukuran 3x3 meter persegi. Sedangkan bagian ruang tengah, dua kamar tidur dan dapur, hancur terbawa longsor,

Sepanjang Kamis (7/11), warga sekitar bergotong royong membereskan puing-puing ruamh tersebut. Namun Ketua RW tempat tinggal Suyati, Suteng Suwarno, menyatakan rumah tersebut tidak mungkin ditinggali lagi pemiliknya.

''Kami berharap Pemkab Banyumas bisa memberi bantuan untuk memperbaiki rumah Bu Suyati yang rusak parah terkena longsoran tanah,'' katanya.

Dia menyebutkan, Suyati adalah seorang janda yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani, sehingga akan kesulitan jika harus memperbaiki rumah dengan biaya sendiri. ''Untuk sementara, Bu Suyati kami tempatkan di rumah tetangganya,'' jelas Suteng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement