Rabu 20 Nov 2013 16:32 WIB

Filipina Genjot Vaksinasi di Daerah Dilanda Topan

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
 Warga berjalan melewati pemukiman yang hancur akibat Topan Haiyan di kota Tacloban, Leyte provinsi Leyte, Filipina tengah, Ahad (10/11).  (AP/Bullit Marquez)
Warga berjalan melewati pemukiman yang hancur akibat Topan Haiyan di kota Tacloban, Leyte provinsi Leyte, Filipina tengah, Ahad (10/11). (AP/Bullit Marquez)

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Departemen Kesehatan Filipina telah mengintensifkan vaksinasi dan pusat-pusat evakuasi di daerah yang terkena dampak topan Haiyan. Vaksinasi itu demi mencegah wabah penyakit apa pun, kata seorang pejabat senior pemerintah Selasa (19/11).

Menteri Kesehatan Enrique Ona mengatakan ancaman epidemi di masyarakat rentan yang tidak memiliki akses ke air bersih dan sanitasi buruk atau tidak memadai dan pengendalian vektor.

"Meskipun belum tercatat ada wabah, namun kami menginstruksikan tim baru dikerahkan untuk meningkatkan vaksinasi campak, tetanus , polio oral dan vaksinasi rabies di semua pusat evakuasi," katanya.

Ona juga mengumumkan rencana untuk membangun kembali atau merehabilitasi fasilitas kesehatan yang hancur atau rusak di wilayah Filipina tengah Visayas Timur, saat pemulihan awal sudah dimulai.