Jumat 22 Nov 2013 17:23 WIB

Komentar Amien Rais Soal Penyadapan Australia

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Citra Listya Rini
Amien Rais
Foto: Antara/Agus Bebeng
Amien Rais

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketidaksopanan Australia atas penyadapan yang dilakukan kepada sejumlah petinggi bangsa ini dinilai arogan oleh Amien Rais. Menurutnya, arogansi Australia harus dibalas dengan kearoganan pula.

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai Australia terlalu sombong dan secara terbuka sudah tidak menghargai Indonesia. Keengganan Perdana Menteri Australia Tony Abbott untuk meminta maaf menjadi bukti Australia memandang Indonesia dengan sinis dan arogan.

Masyarakat Indonesia harus punya kebanggaan nasional dan harus menghadapai Australia dengan cara yang arogan juga. ''Arogansi yang kita berikan terhadap arogansi adalah sedekah,'' kata Amien.

Indonesia mempunyai 20 ribu pelajar yang dibiayai belajar oleh orangtuanya. Andaikata mereka ditarik pulang, Amien memperkirakan Australia akan kelimpungan.

Ia juga mempertanyakan mengapa Indonesia masih harus impor sapi dari Australia. Padahal masih ada negara lain yang kualitas sapinya baik dan harganya murah. Mantan ketua MPR itu berharap besar Indonesia bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan itu.

''Tetapi dibalik itu, kita harus menjadi bangsa yang kuat ekonominya, pertahanannya, pemerintahannya sehingga tidak dilecehkan seperti ini,'' ujar Amien.

Pemilu 2014 menjadi saat tepat bagi masyarakat Indonesia untuk memilih orang nomor satu di negeri ini. Tokoh reformasi itu menyarankan masyarakat untuk memilih tokoh-tokoh yang memahami masalah  internasional, globalisasi, ekonomi dunia, pluralisme, dan teretori.

''Di atas itu, kita harus nemilih orang yang setia pada Indonesia, bukan pada luar negeri,'' kata mantan Pengurus Pusat Muhammadiyah itu.

Amien menekankan orang yang harus dipilih adalah yang 'betul merah putihnya'. Sebab, ia mencurigai ada kemungkinan sebagaian anak bangsa yang tidak terlalu merah putih dan kurang nasionalis.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement