Ahad 24 Nov 2013 10:35 WIB

Abu Sinabung Menyebar ke Medan, Warga Diminta Tidak Panik

Red: Hazliansyah
  Aktivitas Gunung Sinabung yang kembali mengeluarkan semburan abu vulkanik di lihat dari Desa Tiga Pancur, Kabupaten Karo, Sumut, Selasa (5/11).    (Antara/Rony Muharrman)
Aktivitas Gunung Sinabung yang kembali mengeluarkan semburan abu vulkanik di lihat dari Desa Tiga Pancur, Kabupaten Karo, Sumut, Selasa (5/11). (Antara/Rony Muharrman)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Abu vulkanik letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, menyebar hingga Kota Medan pada Sabtu malam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara, Asren Nasution, mengatakan, abu tersebut dibawa angin ke ibu kota provinsi, namun belum membahayakan kesehatan warga.

Kondisi serupa juga pernah dirasakan warga Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh yang menerima abu vulkanik Gunung Sinabung akibat tiupan angin menuju daerah itu.

"Terkadang, Kota Kabanjahe yang dekat dengan Sinabung tidak terkena, tetapi Kota Brastagi yang lokasinya lebih jauh yang kena akibat pengaruh tiupan angin itu," kata dia, Ahad.

Pihaknya mengimbau warga Kota Medan dan sekitarnya tidak panik.

"Jangan panik, tetap tenang. Ini hanya fenomena alam," kata mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara itu.

Asren Nasution berujar hendaknya fenomena tersebut lebih menyadarkan warga Medan bahwa di Sumut terdapat gunung api aktif yang perlu diwaspadai.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement