Ahad 24 Nov 2013 18:58 WIB

Komentar Hasyim Muzadi Soal Penyadapan Australia

Rep: Ira Sasmita/ Red: Citra Listya Rini
KH Hasyim Muzadi
KH Hasyim Muzadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi mengatakan pemerintah Indonesia harus tegas dan serius menghadapi dugaan penyadapan yang dilakukan Australia terhadap pejabat tinggi negara Indonesia. 

"Pemerintah sungguh-sungguh atau setengah hati. Kalau sungguh-sungguh kan lumayan, tapi kalau setengah hati akan dilecehkan," kata Hasyim di kantor DPP PKB, Jakarta, Ahad (24/11).

Menurut Hasyim, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harus tegas dalam merespon semua langkah yang dilakukan Australia dalam menjawab isu penyadapan tersebut. Karena ketegasan itulah yang akan mengangkan martabat bangsa Indonesia.

Sebelumnya, diberitakan hubungan Indonesia dan Australia kembali memanas setelah media Australia dan Inggris memuat dokumen rahasia yang dibocorkan mantan pegawai kontrak Badan Keamanan Nasional AS (NSA), Edward Snowden.

Dalam dokumen itu terungkap bahwa dinas intelijen Australia, DSD, telah menyadap telepon seluler para pejabat tinggi Indonesia, termasuk Presiden SBY dan Ani Yudhoyono pada Agustus 2009.

Dokumen yang kemudian dipublikasikan oleh Australian Broadcasting Corporation (ABC) dan media Inggris, The Guardian itu juga mengungkap penyadapan dilakukan terhadap pejabat tinggi di sekitar presiden. Dokumen itu menyebut bahwa Presiden SBY dan sembilan orang yang masuk dalam lingkaran dalamnya menjadi target penyadapan Australia. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement