Selasa 26 Nov 2013 23:28 WIB

Petugas Gabungan Tertibkan Ribuan Atribut Caleg

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Petugas gabungan menurunkan ribuan atribut kampanye calon anggota legislatif (Caleg). Penertiban tersebut dilakukan Panita Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam sepekan terakhir.

Dari informasi Panwaslu Kabupaten Sukabumi menyebutkan, hingga awal pekan ini sudah diamankan sekitar lima ribu atribut kampanye. Jenis alat peraga yang diturunkan yakni baliho, spanduk, banner, dan bendera yang terpasang di sejumlah ruas jalan protokol.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sukabumi, Suhermat menerangkan, penertiban dilakukan dengan melibatkan anggota panwaslu di tingkat desa atau kelurahan. Penertiban dilakukan dengan melibatkan Satpol PP.

Menurut Suhermat, penertiban ini akan secara rutin digelar. Pasalnya, masih banyak atribut kampanye para caleg yang terpasang di zona yang terlarang.

Suhermat mengatakan, panwaslu juga menghimbau para caleg untuk secara mandiri menurunkan atribut kampanye. Hal ini sebagai bukti kepedulian caleg untuk mematuhi ketentuan yang berlaku.

Kepala Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Dadang Eka menambahkan, upaya penertiban atribut kampanye para caleg dilakukan secara bertahap. Kondisi tersebut dikarenakan luasan Kabupaten Sukabumi yang cukup luas dibandingkan dengan daerah lain.

Salah satu caleg yang berinisiatif menertibkan atributnya adalah Reni Marlinawati. Caleg yang kini masih menjabat anggota DPR RI ini melakukan penurunan baliho kampanyenya secara langsung pada akhir pekan lalu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement