Sabtu 30 Nov 2013 07:53 WIB

Kelompok Etnis Ledakan Pipa Minyak Yaman

Red: Dewi Mardiani
Pipa minyak Yaman diledakkan kelompok etnis setempat
Foto: Washington Post
Pipa minyak Yaman diledakkan kelompok etnis setempat

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA -- Kelompok etnis setempat di Yaman meledakkan pipa ekspor minyak utama Yaman, Jumat (29/11), kata sejumlah pejabat. Menurut laporan Reuters yang dikutip Sabtu (30/11), serangan terakhir itu terjadi atas salah satu sumber bagi perekonomian di negara itu.

Serangan itu dilakukan di daerah sebelah timur ibu kota Yaman, Sanaa, kata Kantor Berita Saba dalam sebuah pesan, tanpa menyebutkan apakah peledakan itu menyebabkan terhentinya aliran minyak. Pipa itu menyalurkan minyak mentah dari ladang-ladang di Maarib di Yaman tengah ke terminal minyak Ras Isa di Laut Merah.

Beberapa sumber kelompok itu mengatakan, mereka melancarkan serangan tersebut untuk memaksa pemerintah membayar kompensasi kepada mereka. Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai hal itu.

Orang-orang dari kelompok etnis dari Maarib berulang kali menyerang pipa minyak untuk menekan pemerintah pusat di Sanaa agar memenuhi tuntutan mereka seperti pekerjaan, sengketa tanah atau pembebasan rekan-rekan mereka yang ditahan.