Selasa 03 Dec 2013 10:57 WIB

Kdrama Juga Kaya Akan Pesan Sosial

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Drama Korea 'Love Rain'.
Foto: asianwiki.com
Drama Korea 'Love Rain'.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Drama Korea, baik itu genre komedi, thriller atau melodrama, semuanya bertujuan untuk menghibur. Namun, pada saat yang sama, K-drama juga memberikan beberapa pelajaran beharga.

Misalnya, seorang anak yang menghargai dan memaafkan orang tuanya, atau seorang penjahat yang belajar dari kesalahan dan bertobat.

Dilansir dari Kdramastars, Selasa (3/12), berikut adalah beberapa bagian yang membuat K-drama menjadi sangat menyenangkan.

Akhir-akhir ini, beberapa K-drama populer mengambil cara kontroversial dalam menyampaikan pesan, namun tidak bermaksud menceramahi. Misalnya, drama yang menggunakan cerita hantu sepeti 'The Master Sun' yang mengambil topik kekerasan terhadap anak.

Dalam satu episode, hantu anak-anak dilecehkan dan diabaikan. Gong Hyo Jin dengan bantuan So Ji Sub harus menyelamatkan anak-anak itu dan harus mendengarkan cerita-cerita sedih dari hantu muda. Dalam episode lain, hantu pria lainnya meminta Gong Hyo Jin menjaga rahasianya  yang tersembunyi.

Dalam serial 'The Suspicious Housekeeper,' drama unik tentang pembantu rumah tangga yang aneh dan keluarga yang dilayaninya. Setelah terjadi peristiwa pembunuhan di keluarga itu, sang pembantu, diperankan Choi Ji Woon, mencoba untuk tetap melayani tuannya, mengatasi perasaan sedih mereka.

Film ini juga memberikan pelajaran serius tentang sikap licik dan pengkhianatan, baik antarpasangan, atau orang tua yang tidak mencintai anak-anak mereka.

Drama 'Good Doctor' tidak berurusan dengan topik sulit di dunia kesehatan, melainkan cara seseorang untuk melihat orang lain yang cacat dan sakit. Reaksi perilaku sosial dari karakter Joo Won dan Park Si On mungkin nyaris tidak ada di dunia nyata. Namun, drama ini membuat orang berpikir dua kali untuk membuat asumsi tentang orang-orang penyandang cacat.

Ya, drama Korea ternyata tidak hanya berisi kisah cinta, melainkan kaya akan pesan sosial. Selamat menonton!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement